Hello! Kancing?

Hello! Kancing?

Hello! Kancing?

Kancing, button atau buah baju adalah benda kecil berbentuk pipih dan umumnya bundar, yang dipasangkan dengan lubang pada kain yang dijahit pada bagian sisi, untuk menyatukan dua helai kain yang bertumpukan, atau sebagai ornamen hiasan. Selain berbentuk bundar, kancing juga dibuat dalam berbagai bentuk seperti bulat, persegi, segitiga dan lainnya

Pada umumnya untuk mengaitkan kancing pada sisi kain yang bersebrangan, sisi kain lawan dilubangi atau diberi kait. Lubang kancing pada pakaian dibuat dengan melubangi kain dan menjahit pinggirannya dengan jarum tangan atau mesin jahit. Bergantung jenis bukaan, celah lubang dapat dibuat horizontal atau vertikal. Kancing akan tertahan setelah dimasukkan ke dalam lubang, terjerat pinggiran lubang kancing. Ada pula jenis kancing yang menggunakan cara dijepret atau dikaikan dengan komponen lainnya, beberapa contoh misalnya cetet atau snap dan hook.

Bahan yang paling umum untuk kancing adalah plastik keras atau polyester. Selain itu dibuat dari bahan-bahan sintetis lainnya seperti seluloid, gelas, logam, dan bakelit, atau bahan-bahan alami seperti tanduk, tulang, gading, kerang, kayu.

Letak kancing dan desainnya merupakan bagian dari desain busana keseluruhan, dapat dipasang di bagian muka tengah (kemeja, jas, blus, kebaya), bagian belakang gaun, ujung kerah, ujung lengan kemeja dan jas, atau bahu (epolet). Pada belahan baju wanita, kancing dipasang di sisi kiri dan lubang kancing di sisi kanan. Sebaliknya, pada baju pria berada di sisi kanan dan lubang kancing di sisi kiri,hal ini berkaitan dengan sejarah kancing itu sendiri. Sehelai pakaian umumnya dipasangi kancing dengan bentuk, ukuran, warna, dan motif yang sama,tetapi ada pula yang memakai ukuran yang berbeda karena perbedaan fungsi.

Hello! Kancing?

Sumber: Wikipedia, https://id.wikipedia.org/wiki/Kancing

One thought on “Hello! Kancing?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *